Planet Pengembara, Planet Yatim Piatu Tanpa Bintang Induk !


MiTosuNik - Sama halnya dengan anak yatim piatu yang tak lagi memiliki orang tua, planet pengembara juga tak punya bintang induk dimana ia bisa mengorbit.

Planet pengembara sama seperti planet yang lain yang sudah kita ketahui dan kenal baik di tata surya maupun digalaksi lain. Proses pembentukannya pun serupa karena memang ia terlahir sebagai planet dengan proses yang sama dengan planet lainnya. Dan ia juga berotasi sama seperti planet lainnya.

Perbedaannya, seperti nama yang ia sandang. Planet pengembara atau planet nomad atau pengambang bebas atau juga ada yang menyebut planet yatim piatu karena merupakan planet yang hidup sendiri tidak ada induk atau bintang yang menjadi pusat tata suryanya.

sama halnya dengan anak yatim piatu yang tak lagi memiliki orang tua, planet pengembara juga tak punya bintang induk dimana ia bisa mengorbit dan beriteraksi secara gravitasi. Disebut nomad atau juga pengembara karena planet tanpa bintang induk mengembara di alam semesta seperti halnya para pengembara di Bumi yang selalu hidup berpindah-pindah dan tak punya rumah yang tetap.

Bagi planet, rumahnya adalah sistem keplanetan dengan bintang sebagai pusatnya atau kita sebut bintang induk.

Ketika planet tak lagi mengitari bintang, maka ia akan bergerak sendirian di angkasa menjadi planet pengembara untuk mencari bintang induk lainnya.

Ia akan mengembara di angkasa sampai suatu ketika ia bertemu dengan planet lain yang bisa menjadi rumah baginya. Tapi kalau tidak ada pertemuan dengan sistem keplanetan lain atau dengan bintang yang bisa menangkap planet tersebut masuk dalam pengaruh gravitasinya, maka si planet akan tetap berkelana diangkasa.

Jika dalam perjalanan, planet pengembara btertemu bintang lain yang menariknya masuk ke dalam sistem si bintang, maka ia akan mengorbit bintang baru tersebut. Jika di bintang baru itu ternyata ada planet lain yang memang sudah mengorbit bintang.

Maka bisa saja planet pengelana akan langsung diterima dan mengorbit tanpa masalah atau bisa juga ketika ia mengorbit si bintang ia akan berpapasan dekat atau bahkan bertabrakan dengan planet lain yang ada disana.

Semua bergantung pada orbit dari planet pengelana tersebut dibintang yang baru dan juga orbit  planet yang sudah menetap lebih dahulu di bintang tersebut.

keberadaan planet pengembara sebenarnya sudah diprediksi keberadaanya sejak lama. Bahkan didgua jumlahnya 2kali jumlah bintang, artinya planet pengelana bukanlah kasus unik di alam sesetra, ia sama seperti planet lain yang ditemukan di bintang-bintang.

Tapi untuk menemukan planet seperti ini tidaklah mudah. Planet tidak memiliki cahaya sendiri dan jika si planet sudah terlepas dari bintang induknya, maka ia akan menjadi objek yang dingin yang berada sendiri ditengah kegelapan.

Sementara untuk bisa mengetahui keberadaan sebuah objek, pengamat hanya bisa mengetahuinya dari cahaya yang diterima dalam berbagai panjang gelombang. Hal inilah yang menyulitkan bagi para astronom untuk bisa menemukan planet pengelana. Sampai saat ini hanya tercatat ditemukan 12 objek yang diperkirakan sebagai planet pengelana.

Akan tetapi sebagian diantaranya diduga merupakan bintang katai coklat yakni objek yang gagal jadi bintang. Bintang katai coklat juga merupakan bintang dingin karena tak mampu memicu  terjadinya pembakaran di dalam dirinya untuk bisa jadi bintang seutuhnya.

Karena itu massa terkecil sebuah Objek untuk bisa disebut planet memiliki massa kurang dari 13 massa Jupiter.

Asal usul Planet Pengembara

Proses terbentuknya sebuah sistem keplanetan itu tidalkah mulus melainkan penuh dengan kekerasan. Partikel-partikel yang ada saling bertabrakan kemudian bergabung membentuk planet yang mengitari sang bintang.
Pada proses pembentukkan planet sampai sistem itu stabil, papasan dekat atau bahkan tabrakan antara planet-planet yang baru terbentuk umum terjadi.

Ketika planet saling bertabrakan atau berpapasan sangat dekat, maka bisa saja planet itu hancur atau justru terlontar keluar dari sistem.

Sebuah planet bisa terlontar keluar dari sistem karena gangguan gravitasu yang terjadi karena saat berpapasan dengan planet atau bintang lain. Tanpa bintang yang harus dikitari, planet iniakan bergerak didalam galaksi seperti halnya yang dilakukan matahari danbintang lain dalam orbit yang stabil mengitari pusat galaksi.

Jika ada benda langit dengan massa kurang dari 13 massa Jupiter maka ia bisa digolongkan sebagai planet pengembara.

(meland/Phalkhon)

BACA JUGA:

→→→  www.GOLDENQQ.org  ←←←




1. Bonus Rollingan 0.3% 
2. Bonus Referral 15% 
3. Min Depo & WD Sangat Terjangkau Rp. 20,000

7 Games Dalam 1 User ID :
Bandar Poker | Poker | Adu-Q | Bandar-Q | Domino99 | Capsa Susun | Sakong

Bandar Poker Online Terpercaya | Bandar Poker Online | Agen Poker Online | Poker Online Terpercaya | Poker Uang Asli | Agen BandarQ Online | Agen Bandarq | Agen Domino Online |

Disupport Oleh :
1. LiveChat 24 Jam Online
2.Customer Service Yang Ramah
3. Support 5 Bank Ternama dan Terbesar Di Indonesia
4. Proses Depo & WD Cepat
5. Setiap Hari Tersedia Ribuan Meja & Member / Player Yang Bermain
6. 100% NO ROBOT / ADMIN

Untuk Info Bonus Lebih Lengkap Silahkan Hubungi Customer Service Kami Di :
LiveChat : www.GOLDENQQ.com
BBM : 2BE6505E
HP : +85516789420
WECHAT : GOLDENQQ1
SKYPE : GOLDENQQ1



Planet Pengembara, Planet Yatim Piatu Tanpa Bintang Induk ! Planet Pengembara, Planet Yatim Piatu Tanpa Bintang Induk ! Reviewed by Meland Chiaw on 3:41 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.
Agen Bandarq
Banner iklan disini