Menelisik Jejak Sejarah Freemason Di Skotlandia (Part 2)


MiTosuNik - Kali ini Meland akan membahas tentang kelanjutan Jejak Sejarah Freemason di Skotlandia. Untuk kalian yang sudah membaca Menelisik Jejak Sejarah Freemason Di Skotlandia (Part 1) pastinya udah gak sabar membaca kisah kelanjutannya kan ?

Beberapa mitologi soal Freemason muncul dari kemisteriusan awal pembentukannya. Sebuah teori fantastis bermuka ketika Ksatria Templar dikalahkan Raja Philip dari Perancis pada 1307, sebagian kabur ke Argyll di Skotlandia Barat dan membuat secara turun-temurun.

Teori lainnya, termasuk yang dimunculkan anggota Freemason, mengklaim bahwa organisasi itu berasal dari Raja Sulaiman, pemilik kuil berisi pengetahuan rahasia yang dialihkan secara turun-temurun.

Teori berikutnya mengisahkan awal pembentukan Freemason berasal dari asosiasi-asosiasi pedagang pada abad pertengahan.

"Semua organisasi-organisasi didasari oleh perdagangan. Pada suatu masa, mungkin percakapannya seperti ini, Oh Anda pengrajin batu yang mandiri (FreeMason), saya ahli kebun mandiri (FreeGardener), dia tukang kayu mandiri (FreeCarpenter), dan dia pengrajin tembikar mandiri (FreePotter) papar Potter.

Bagi setiap orang dengan keahlian tertentu, berafiliasi pada suatu organisasi tak hanya berguna untuk menjalin kontak, tapi juga bertukar informasi soal trik dagang, sekaligus membedakan orang luar.


Meski demikian, ada perbedaan signifikan antara setiap orang dengan keahlian tertentu. Mereka yang keahliannya sebagai nelayan atau ahli kebun, misalnya akan bertahan di lokasi yang sama dan bekerja dengan komunitas itu-itu juga.

Tapi, tidak demikian halnya dengan pengrajin batu. Ketika khayalak berhasrat untuk mewujudkan bangunan yang kian megah, seperti gereja di seantero Inggris pada Abad Pertengahan, mereka akan di panggil berpartisipasi dalam proyek spesifik dan kadang kala besar yang jauh dari rumah.

Mereka mungkin akan bekerja di proyek tersebut selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Berada dalam situasi semacam itu, dimanakah Anda bisa mengandalkan orang asing dalam kemampuan sama dan bisa diatur ? Bagaimana anda yakin orang tahu soal teknik kerajinan batu dan bisa dipercaya ?


Dengan membentuk organisasi. Lalu, bagaimana anda membuktikan anda seorang anggota organisasi itu? Dengan menciptakan kode khusus yang hanya bisa diketahui sesama anggota, semisal jabatan tangan menggunakan cara tertentu.

Kalaupun perkumpulan Freemason telah dibentuk lebih awal dari perkiraan umum, upaya untuk menghimpun gerakan itu diketahui baru berlangsung pada akhir 1500-an. Seorang pria bernama Wulliam Schaw bekerja sebagai mandor untuk Raja James VI dan Skotlandia (Juga dikenal sebagai James 1 dari Inggris).

Pekerjaan itu membuat Schaw bertugas mengawasi proyek pembangunan dan pemeliharaan kastil-kastil, istana-istana dan berbagai properti Skotlandia.


Dengan kata lain, dia mengawasi pekerjaan para pengrajin batu di Inggris. Schaw kemudian memutuskan bahwa mereka memerlukan struktur yang lebih formal, suatu organisasi yang dilandasi hukum yang mecakup beberapa hal, mulai dari pekerjaan pengrajin magang hingga ikrar mereka akan "hidup dengan menyumbang satu sama lain dan menjadi saudara."

Pada 1598, dia mengirim perjanjian ini ke setiap rumah perkumpulan perngrajin baru di Skotlandia. Salah satu aturannya? Seorang notaris dipekerjakan di setiap rumah perkumpulan. Setelah itu, setiap rumah perkumpulan mulai mencatat agenda pertemuan mereka.

"Karena pengaruh William Schaw semua hal mulai tersebar ke sekeliling negeri. Kami bisa melihat koneksi antara rumah perkumpulan di berbagai di Skotlandia, berbincang satu sama lain, berkomunikasi dengan cara berbeda, bepergian dari satu tempat ke tempat lain," Kata Cooper.

Pengaruh perkumpulan pengrajin batu di Skotlandia perlahan dibayangi pengaruh perkumpulan serupa di Inggris yang bernama England's Grand Lodge. Selang satu abad kemudian, asal usul Freemason di Skotlandia terlupakan.


"Fakta bahwa Inggris bisa mengklaim sebagai tempat pertama organisasi nasional didirikan melalui Grand Lodge dan langkah itu ditiru Irlandia (1725) dan Skotlandia (1736) membuat banyak sejarahwan bidang Freemason di Inggris menilai Freemason dibentuk di Inggris yang kemudian seluruh dunia menilainya demikian," tulis David Stevenson dalam buku The Origins of Freemasonry.

Cooper sepakat dengan pendapat Stevenson

"Dalam beberapa hal, agak aneh jika Anda berpikir bahwa kami telah menulis catatan, rincian keanggotaan dan berbagai macam hal lainnya selama 420tahun dalam sejarah Skotlandia, lalu kemudian barang itu tidak disentuh sebagai sumber utama sejarah. Itu benar-benar ANEH," kata Cooper.

Salah satu cara sebagian orang mengaitkan Freemason dan Skotlandia adalah Rosslyn Chapel, sebuah gereja dari abad pertengahan dengan ukiran serta patung, yang ketika novel Da Vinci Code karya dan Brown dirilis, dianggap sebagai wujud karya Freemason.

Akan tetapi, keterkaitan bangunan itu dengan Freemason sebenarnya lemah. Bahkan, buku besar gereja yang dirilis pada 1774 tidak menyebut Freemason sama sekali.


Sejarah Freemason di Skotlandia, nyatanya tersembunyi di dalam Grand Lodge dan museum yang terbuka untuk umum, di dalam arsip organisasi yang bisa dilihat dirumah-rumah perkumpulan di sudut Edinburgh dan kota Skotlandia lainnya.

Pintu mereka mungkin tertutup untuk orang yang bukan anggota. Tapi alamat dan keberadaan organisasi tersebut sama sekali BUKAN rahasia.

(Meland/Phalkon)

Baca Juga :

→→→  www.GOLDENQQ.org  ←←←




1. Bonus Rollingan 0.3% 
2. Bonus Referral 15% 
3. Min Depo & WD Sangat Terjangkau Rp. 20,000

7 Games Dalam 1 User ID :
Bandar Poker | Poker | Adu-Q | Bandar-Q | Domino99 | Capsa Susun | Sakong

Bandar Poker Online Terpercaya | Bandar Poker Online | Agen Poker Online | Poker Online Terpercaya | Poker Uang Asli | Agen BandarQ Online | Agen Bandarq | Agen Domino Online |

Disupport Oleh :
1. LiveChat 24 Jam Online
2.Customer Service Yang Ramah
3. Support 5 Bank Ternama dan Terbesar Di Indonesia
4. Proses Depo & WD Cepat
5. Setiap Hari Tersedia Ribuan Meja & Member / Player Yang Bermain
6. 100% NO ROBOT / ADMIN

Untuk Info Bonus Lebih Lengkap Silahkan Hubungi Customer Service Kami Di :
LiveChat : www.GOLDENQQ.com
BBM : 2BE6505E
HP : +85516789420
WECHAT : GOLDENQQ1
SKYPE : GOLDENQQ1

→→→  www.GOLDENQQ.org  ←←←



Menelisik Jejak Sejarah Freemason Di Skotlandia (Part 2) Menelisik Jejak Sejarah Freemason Di Skotlandia (Part 2) Reviewed by Meland Chiaw on 5:29 AM Rating: 5

1 comment:

  1. KEBUNPOKER.COM Agen Poker Online Terbaik dan Terpercaya Di Indonesia.
    POKER ☆ DOMINO99 ☆ ADUQ ☆ CAPSA SUSUN ☆ BANDARQ ☆ BANDAR POKER ☆ SAKONG ONLINE
    NEW GAME : ADU BALAK

    - Registrasi / Pendaftaran ☆ https://goo.gl/Nn65H7 ☆
    - Pin BBM : 2BE3264A
    - Bonus Turnover 0,5% *Setiap Hari
    - Bonus Refferal 20% *Seumur Hidup
    - Cukup hanya dengan 1 User ID dapat bermain 7 Game
    - Cukup hanya dengan deposit 15.000
    - Support ANDROID, IPHONE dan IPAD
    - Livechat Online 24 Jam

    Mari Beradu Ketangkasan, Keahlian dan Keberuntungan anda dalam Bermain melawan RIBUAN pemain lainnya.

    #KEBUNPOKER #BANDARQ #AGENBANDARQ #BANDARQINDONESIA #BANDARQTERBAIK #ADUQ #CAPSASUSUN #DOMINOQQ #BANDARPOKER #POKER #ADUQONLINE #AGENPOKER #POKERINDONESIA #POKERONLINE #KEBUNPOKERINDONESIA #SAKONG

    ReplyDelete

Powered by Blogger.
Agen Bandarq
Banner iklan disini