Fakta Unik Lahirnya Hari Pancasila Yang Sempat Menghilang 3 Dekade !


MiTosuNik | Poker Pelangi - Saat ini adalah tanggal 1 Juni, Rakyat Indonesia selalu memperingati Hari Lahirnya Pancasila yang merupakan dasar negara kita. Meski kini sering diabaikan, namun Pancasila merupakan sesuatu yang sangat penting dalam fondasi Indonesia yang memiliki beragam suku dan ras. Sayangnya kini Pancasila seolah sudah bukan sesuatu yang penting, sampai orang sudah tak ingat lagi Bulir Sila yang ada.

Karena itu memperingati Hari Lahirnya Pancasila merupakan suatu yang sangat penting agar kita tak lupa dengan apa yang menjadi dasar Indonesia sebenarnya. Tapi sebagian orang mungkin belum tahu jika peringatan Hari Lahirnya Pancasila pernah menghilang dari kalender Indonesia setidaknya selama 3 dekade;

1 | Sejarah Awal Hari Lahirnya Pancasila


Sejarah awal kenapa 1 Juni menjadi hari kelahiran Pancasila, bermula dari pidato Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945. Kala itu Bung Karno yang berpidato dihadapan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) menyampaikan beberapa gagasan untuk menjadi fondasi bagi Kemerdekaan Indonesia.

Gagasan itu sendiri terdiri dari lima poin dasar yaitu yang seperti kita ketahui, Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau keprikemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial dan Bertaqwa kepada Ketuhanan Yang Maha Esa.

Menurut Bung Karno, lima asas itu merupakan pandangan dasar dari nilai filsafat dan fundamental yang digali dari jati diri bangsa Indonesia. Rumusan dasar inilah yang kemudian disempurnakan dan menjadi kelima sila Pancasila.

Pidato Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945 ini kemudian dipublikasikan oleh Departemen Penerangan Republik Indonesia dengan judul "Lahirnya Pancasila" pada tahun 1947. Dalam buku yang kata pengantaranya ditulis oleh Rajiman Wedyodiningrat inilah pidato Bung Karno disebut sebagai Hari Lahirnya Pancasila.

Sejak saat itu masyarakat mulai 1 Juni sebagai Hari Lahirnya Pancasila.

2 | Baru di Resmikan Pada Tahun 1964


Meski sudah dikenal luas sejak awal masa proklamasi, namun siapa sangka jika Hari Lahirnya Pancasila baru diresmikan sebagai hari libur nasional hampir 20 tahun kemudian pada 1 Juni 1964 melalui Menteri Koodinator Kesejahteraan dan Menteri Agama telah mengeluarkan keputusan bahwa tanggal 1 Juni, hari lahirnya Pancasila sebagai hari libur".

Pengumuman singkat yang terpampang di sebuah kolam kecil pada surat kabar nasional ini keluar bersamaan dengan karya Bung Karno yang berjudul "Tjamkan Pantja Sila": Pancasila Dasar Falsafah Negara. Baru sejak saat inilah 1 Juni resmi menjadi Hari Lahirnya Pancasila sekaligus bagian dari hari libur Nasional.

3 | Sempat Dilarang Pada Era Orde Baru


Setelah peristiwa G30S-PKI pada tahun 1965, banyak perubahan besar terjadi di Indonesia. Perubahan ini diantaranya adalah dengan muncul nya larangan untuk memperingati 1 Juni sebagai Hari Lahirnya Pancasila yang dikeluarkan oleh Komando Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (Kookamtip) pada tahun 1970.

Aturan ini sepertinya merupakan upaya pemerintah kala itu untuk menyingkirkan Bung Karno dari ingatan rakyat dan sejarah Indonesia.

Upaya lain penghapusan 1 Juni sebagai Hari Lahirnya Pancasila juga bisa dilihat dari perubahan rancangan diorama yang akan dibuat di Monas. Saat itu sebenarnya rancangan diorama yang ada "Lahirnya Pancasila 1 Juni 1945" namun kemudian di ganti menjadi "Pengesahan Pancasila dan UUD 1945, 18 Agustus."

Jadi praktis sejak bergantinya era kepemimpinan Indonesia pada zaman Orde Baru sudah tak ada Hari Lahirnya Pancasila yang diperingati tiap tanggal 1 Juni.

4 | Hari Kesaktian Pancasila Berbeda Hari Lahirnya Pancasila


Dulu banyak orang mengganggap jika Hari Kesaktian Pancasila merupakan nama baru dari Hari Lahirnya Pancasila, namun anggapan ini sebenarnya salah. Memang benar jika Hari Kesaktian Pancasila dijadikan pengganti untuk dihapuskannya peringatan Hari Lahirnya Pancasila, tapi keduanys sebenarnya sama sekali tidak ada hubungannya.

Hari Lahirnya Pancasila merupakan hari dimana Indonesia memperingati kali pertama rumus dasar Pancasila terbentuk, yaitu lewat Pidato Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945.

Sedangkan hari Kebangkitan Pancasila merupakan hari yang diperingati untuk menghormati keberhasilan pasukan tentara pimpinan Pak Harto dalam menggagalkan Gerakan G30S-PKI. Saat itu pada tahun 1967.

Presiden Soeharto melalui SK No 153/1976 memutuskan 1 Oktober sebagai Hari Kebangkitan Pancasila. Maksud hari Kebangkitan Pancasila itu sendiri merupakan bentuk pengukuhan Pancasila sebagai dasar utama Bangsa Indonesia.

Hal ini mengacu pada keberhasilan membasmi anggota partai komunis yang dianggap ingin mengambil alih negara pada peristiwa tersebut.

5 | Awal Kebangkitan Hari Lahir Pancasila


Setelah reformasi pada tahun 2000, wacana untuk mengembalikan 1 Juni sebagai Hari Lahirnya Pancasila, sudah beberapa kali mengemuka. Tapi hal ini tak serta merta langsung di setujui. Butuh setidaknya 10 tahun lamanya sampai Hari Lahirnya Pancasila ini benar-benar bisa dirayakan kembali.

Peristiwa tersebut tepatnya terjadi pada tahun 2010, saat ketua MPR kala itu Taufik Kiemas memprakarsai kembalinya 1 Juni sebagai peringatan Lahirnya Pancasila.

6 | Resmi Kembali Menjadi Hari Kelahiran Pancasila


Tahun 2010 bisa dibilang menjadi kebangkitan Hari Lahirnya Pancasila, namun keputusan MPR tesebut ternyata belumlah resmi.

Meski sudah banyak tokoh nasional seperti Megawati hingga para cendikiawan Nahdiatul Ulama yang meminta agar 1 Juni diresmikan sebagai Hari Lahirnya Pancasila.\

Namun pihak pemerintah saat itu yang dipimpin oleh Presiden Bambang Susilo Yudhoyono seolah enggan untuk menjadikan 1 Juni sebagai hari Libur Nasional.

(Phalkon/Meland) | JUDI BOLA

BACA JUGA:

→→→  www.GOLDENHOKI.com  ←←←


1. Bonus Rollingan 0.3% 
2. Bonus Referral 15% 
3. Min Depo & WD Sangat Terjangkau Rp. 20,000

8 Games Dalam 1 User ID :
Bandar Poker | Poker | Adu-Q | Bandar-Q | Domino99 | Capsa Susun | Sakong | Bandar66

Bandar Poker Online Terpercaya | Bandar Poker Online | Agen Poker Online | Poker Online Terpercaya | Poker Uang Asli | Agen BandarQ Online | Agen Bandarq | Agen Domino Online |

Disupport Oleh :
1. LiveChat 24 Jam Online
2.Customer Service Yang Ramah
3. Support 5 Bank Ternama dan Terbesar Di Indonesia
4. Proses Depo & WD Cepat
5. Setiap Hari Tersedia Ribuan Meja & Member / Player Yang Bermain
6. 100% NO ROBOT / ADMIN

Untuk Info Bonus Lebih Lengkap Silahkan Hubungi Customer Service Kami Di :
LiveChat : www.GOLDENHOKI.com
BBM : 2BE6505E
HP : +85516789420
WECHAT : GOLDENQQ1
SKYPE : GOLDENQQ1

→→→  www.GOLDENHOKI.com  ←←←



Fakta Unik Lahirnya Hari Pancasila Yang Sempat Menghilang 3 Dekade ! Fakta Unik Lahirnya Hari Pancasila Yang Sempat Menghilang 3 Dekade ! Reviewed by Meland Chiaw on 3:25 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.
Agen Bandarq
Banner iklan disini