Sejarah Awal Kerajaan Tertua di Dunia, Istana Kerajaan Phnom Penh

Sejarah Awal Kerajaan Tertua di Dunia, Istana Kerajaan Phnom Penh




Agen Bandarq - Istana Kerajaan kamboja, Prean Barum Reachea Veang Nei Prean Reacheanachak Kampuchea di Phnom Penh, Kamboja adalah kompleks bangunan istana yang berfungsi sebagai kediaman resmi Raja Kamboja dan keluarga kerajaan.

Nama lengkapnya ada dalam bahasa khmer (Bahasa Kamboja Asli) adalah Preah Barum Reachea Veang Chatomuk Serei Mongol. Para Raja Kamboja telah menghuni istana ini sejak dibangun pada tahun 1860-an dengan pengecualian istana sempat kosong karena keluarga kerajaan pergi mengungsi, mengasingkan diri ketika negara jatuh dalam kekacauan akibat berkuasanya rezim Khmer Merah.

Istana ini dibangun setelah Raja Norodom memindahkan ibukota kerajaan dari Oudong ke Phnom Penh pada pertengahan abad ke-19. Istana ini dibangun secara bertahap diatas benteng kuno yang disebut Banteay Kev.

Istana ini menghadap ke arah Timur dan terletak di tepi barat dari cabang pertemuan Sungai Tonle Sap dan Sungai Mekong yang disebut Chaktomuk. Sebuah kiasan untuk dewa Brahma yang memiliki empat muka menghadap empat penjuru mata angin.

Pembangunan Istana Kerajaan di Phnom Penh pada tahun 1866 adalah peristiwa yang relatif baru dalam sejarah bangsa Khmer dan negara Kamboja. Sepanjang sejarahnya, pusat pemerintahan Kerjaan Khmer senantiasa bertempat di kota Angkor, disebelah utara danau besar Tonle Sap dari tahun 802 hingga awl abad ke-15.

Istana Khmer dipindahkan dari Angkor pada abat ke-15 akibat kota ini diserang dan dihancurkan bangsa Siam. Pertama kali istana dipindahkan ke Phnom Penh yang saat itu disebut Krong Chatomok Serei Mongkol.

Pada tahun 1434 selama beberapa dekade akan tetapi pada tahun 1494 istana dipindahkan ke Basan, kemudian Longvek dan kemudian ke Oudong. Ibukota tidak pindah kembali ke Phnom Penh sampai abad ke-19 dan tidak ada catatan atau sisa-sisa dari istana Kerajaan di Phnom Penh sebelum abad ke-10.

Pada tahun 1813, Raja Ang Chan membangun Banteay Kev. Banteay Kev dibakar pada tahun 1834 ketika tentara siam bergerak mundur setelah menjarah Phnom Penh barulah setelah Kamboja menjadi Protektorat Perancis pada tahun 1863.

Ibukota dipindahkan dari Oudong ke Phnom Penh, Istana Kerajaan yang ada sekarang dibangun.

Bangunan-Bangunan Di Kompleks Istana Kerajaan




Kompleks ini dibagi oleh dinding menjadi empat kelompok bangunan utama, di sisi selatan adalah Pagoda Perak, ke sisi Utara adalah Istana Khemarin dan kelompok bangunan di bagian tengah berisi Balairung Singgasana dan di barat adalah sektor pribadi atau Istana Dalam.

Bangunan-bangunan istana dibangun secara bertahap dari waktu ke waktu dan beberapa bagian dibongkar dan dibangun kembali hingga akhir tahun 1960-an. Tetapi beberapa bangunan tua berasal dari abad ke-19.

Arsitektur dan Area




Istana Kerajaan Kamboja adalah contoh baik arsitektur Khmer yang menampilkan tata letak dari tembok pertahanan Kampaeng, Balairung Singgasana, Kuil Buddha Zamrud Wat Preah Keo Morakot. Stupa Chedei, menara yang menjulang tinggi Prang Prasat dan lukisan mural. Istana Kerajaan Phnom Penh meliputi area seluas 174.870 meter persegi. (402m x 435m).

Balairung Singasana




Preah Thineang Dheva Vinnichay Mohai Moha Prasat atau Balairung Singgasana berarti Singgasana Suci Hakim Agung. Balairung Singgasana adalah tempat di mana pejabat kepercayaan raja, jendral dan pejabat kerajaan langsung melakukan tugasnya.

Kegiatan ini masih dilakukan ditempat ini sampai sekarang. Sebagai tempat untuk upacara keagamanaan dan kerajaan seperti upacara penobatan dan pernikahan kerjaan serta sebagai tempat pertemuan untuk tamu Raja.

Bangunan berdenah Salib yang dimahkotai dengan tiga menara. Menara pusat setinggi 59 meter dengan puncak menara dimahkotai kepala Brahma bermuka empat berwarna putih. DIdalam Balairung Singgasana terdapat tiga tahta kerajaan.



Ruang Singgasana itu pertama kali dibangun dari kayu pada 1869-1870 atas perintah Raja Norodom. Balai Singgasana itu dibongkar pada tahun 1915. Bangun yang kini ada dibangun pada tahun 1917 dan diresmikan oleh Raja Sisowath pada tahun 1919.

Bangunan ini berukuran 30x60 meter. Seperti semua bangunan dan struktur di Istana, Balairung Singasana ini menghadap ke timur dan paling bagus di foto di pagi hari. Ketika mengunjungi, perhatikan tahkta Reach Balaing di depan dan Preah Thineang Bossabok lebih tinggi di belakang dan lukisan-lukisan dinding langit yang indah dari kisah Reamker.

Disebelah utara dari singgasana berdiri patung Raja Sisowath Monivong, Berdiri memegang pedang kerajaan. Patung ini terbuat dari emas, sedangkan di sebelah Selatan tahkta berdiri patung emas Raja Sisowath duduk di Preah Thineang Bossabok berpakaian resmi dan mengenakan Regalia Kerajaan kamboja ia mengenakan mahkota, Bat Sopouma atau alas kaki kerajaan di tangan kanannya memenag pedang kerajaan. Dia duduk Preah, Thineang Bossabok yang dibuat agar terlihat mirip Singgasana yang asli di sebelah selatan.

Bangsal Cahaya Chandra




Preah Thineang Chan Cahhaya atau Bangsal Cahaya Chandra adalah bangsal atau paviliun terbuka yang berfungsi sebagai panggung untuk pagelaran taro Khmer klasik di masa lalu dan masa kini.

Bangunan ini adalah salah satu bangunan paling terkenal dari istana, karena mudah dilihat dari luar yang dibangun di bagian samping dari dinding istana. Bangsal pagelaran Chan Chhaya memiliki balkon yang digunakan sebagai anjungan kehormatan untuk melihat parade baris-berbaris di sepanjang Bulevar Sothearos di Phnom Penh.

Paviliun saat ini adalah reinkarnasi kedua dari bangsal Chanchhaya, dibangun pada 1913-1914 dibawah pemerintahan Raja Sisowath untuk menggantikan paviliun kayu yang sebelumnya dibangun dibawah pemerintahan Raja Norodom.

Pagoda perak




Pagoda Perak adalah bangunan yang terletak di sisi Selatan kompleks istana. Bangunan ini menampilkan bentuk kuil resmi kerajaan yang disebut Preah Vihear Preah Keo Morakot atau lazim disebut Wat preah Keo. Bangunan utama menyimpang banyak harta pusaka negara kamboja, seperti patung Buddha berlapis emas dan bertabur permata. Pusaka yang paling penting adalah arca BUddha berukuran kecil terbuat dari kristal baccarat dari abad ke 17 dan arca Buddha Maitreya berukuran sebesar manusia bertatahan 9.584 butir intan dan mengenakan regalia kerajaan, keduanya dibuat atas perintah Raja Sisowath.

Selama sebelum Khmer Merah. Pada pemerintahan Raja Sihanouk. Pagoda Perak adalah dihiasi dengan lebih dari 5.000 keping ubin perak dan beberapa tampilan luarnya direnovasi dengan marmer Italia.

Ada juga bangunan lain yang mengelilingi bangunan utama atau vihear.

Istana Khemarin




Adalah nama lazim untuk menyebut Khemarin Moha Prasat yang dalam bahasa Khmernya adalah Istana Raja Khmer.

Bangunan yang digunakan sebagai kediaman resmi Raja Kamboja. Tembok kecil memisahkan kompleks bangunan ini dipisahkan dengan bangunan lain dan terletak di sebalah kanan Balairung Singgasana. Bangunan ini dimahkotai dengan prang tunggal.

Bangunan Lainnya



Bangunan lainnya termasuk, Hor Samran Phirn, Hor Samrith Phimean, Damnak Chan, Bangsal Phochani ruang dansa, Bangsal Serey Monkol, Bangsal Raja Jayavarman 7, Vihear Suor, Villa Kantha Bopha, Villa Chumpou, Villa Sahametrei dan beberapa bangunan lainnya didaerah yang tertutup yang umum.

Taman




Istana memiliki berbagai taman dengan koleksi bunga-bunga dan tanaman tropis, seperti bunga alamanda, bunga sala, dan bunga jarak hias.

Istana Kerajaan Kini




Kompleks Istana Kerajaan telah mengalami pemugaran dan perombakan besar dari waktu ke waktu, hampir semua bangunan yang berasal dari era pemerintahan Raja Norodm telah dibongkar seluruhya.

Tempat kediaman Raja tertutup untuk umum juga telah mengalami perombakan besar. Pada tahun 1960, atas perintah Ratu Kossamak, Pagoda perak dibangun kembali karena struktur asli bangunan telah tua dan rusak.

Istana ini selalu menjadi daya tarik wisata yang populer di Phnom Penh. Pengunjung dapat masuk dan berkeliling dalam kompleks Pagoda Perak dan kompleks bangunan yang terdiri atas Balairung Singgasnaa dan Bangsal Chan Chhaya.

Sementara tempat tinggal raja tertutup untuk umum. Kompleks kediaman raja ini mengambil setengah dari luas total kawasan istana, termasuk didalamnya istana Khemarin.

Istana Kantha Dopha, Bangsal Serey Mongkol, taman kerajaan, sejumlah bangsal, paviliun dan bangunan lainnya.


BACA JUGA : 

   ???  www,INDOGOLDENQQ,net???

Yuk daftar dan juga deposit minimal 20ribu aja kalian udah bisa menikmati 9 permainannya loh bukan hanya 1 atau 2.....

Langsung aja chat CS kami dan minta daftar yaa...

bonus-bonus spesial Juga lochh.... !

1. Bonus Rollingan 0.3% -0.5%
2. Bonus Referral 20% (Seumur hidup !)
3. Min Depo & WD Sangat Terjangkau Rp. 20,000
4. Tersedia Deposit Menggunakan PULSA (Telkomsel dan XL)
Bosan dengan 1 atau 2 permainan?
Disini kita Sediakan 9 Games Dalam 1 User ID :

Bandar Poker | Poker | Adu-Q | Bandar-Q | Domino99 | Capsa Susun | Sakong | Bandar66 | Perang Baccarat

Bandar Poker Online Terpercaya | Bandar Poker Online | Agen Poker Online | Poker Online Terpercaya | Poker Uang Asli | Agen BandarQ Online | Agen Bandarq | Agen Domino Online | Perang Baccarat

Disupport Oleh :

1. LiveChat 24 Jam Online
2.Customer Service Yang Ramah
3. Support 5 Bank Ternama dan Terbesar Di Indonesia dan Juga Deposit Via Pulsa (Telkomsel dan XL)
4. Proses Depo & WD Cepat
5. Setiap Hari Tersedia Ribuan Meja Emas & Member / Player Yang Bermain
6. Tersedia User Id PRO ROBOT untuk Menghajar User Id PRO di website lain !

Untuk Info Bonus Lebih Lengkap Silahkan Hubungi Customer Service Kami Di :

 Contact Person kami:
- Instagra : @vipgoldenqq_org
- TELP : +855969008229
- Twitter : vipgoldenqq_Official
- WA : +855969008229

LINK G0LDENQQ:

- INDOGOLDENQQ,NET
- INDOGOLDENQQ,INFO
- INDOGOLDENQQ,ORG
Ditunggu kehadirannya bosku !


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »